Cara Broadcast WhatsApp Ke Semua Kontak dengan Cepat

Salah satu fitur dari WhatsApp untuk mengirim pesan ke seluruh kontak memang sangat dicari. WhatsApp broadcast dapat mengirim teks, gambar, atau video ke semua kontak. Cara broadcast WhatsApp  juga terbilang mudah.

Bagi Anda yang masih bingung untuk menggunakannya, kami akan mengulasnya dengan jelas. Untuk itu, simak dan baca artikel ini sampai selesai.

Inilah Cara Broadcast WhatsApp Ke Semua Kontak

Sama halnya dengan aplikasi lain, WhatsApp juga dapat Anda gunakan untuk broadcast, yakni berupa kirim pesan/teks, gambar, dan video ke semua kontak.

Pada umumnya, pesan broadcast ini berisi tentang informasi penting. Kemudian dibagikan bersamaan dan serentak ke seluruh kontak. Cara demikian akan lebih menghemat waktu dalam penyebarannya atau efektif.

Akan tetapi, supaya dapat mengirim sekaligus ke semua kontak ada persyaratannya. Yakni list WhatsApp tujuan telah menyimpan kontak Anda.

Jadi, pesan broadcast tidak akan tersampaikan apabila nomor tujuan tidak menyimpan kontak Anda. Meskipun Anda menyimpan nomor mereka, Anda harus selektif saat memilih kontak yang akan dituju.

Cara broadcast WhatsApp sangat mudah dan cepat apabila Anda sudah mengetahuinya. Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih menu Pilihan. Lalu klik Daftar Siaran Baru.

Pada kolom pencarian ketik nama kontak teman Anda di WhatsApp. Akan tetapi, bila ingin menambahkan daftar list lebih cepat, maka tekan tanda Plus yang berada di pojok kiri atas. Pilih dan berikan tanda ceklis pada semua kontak yang ingin Anda kirim pesan sekaligus.

Bila kontak-kontak tujuan telah ceklist, maka tekan Selesai. Daftar penerima broadcast telah dipilih, selanjutnya klik menu Buat. Pada layar akan menampilkan Pilihan, lalu klik.

Baca juga : Cara buat stiker Wa dengan sangat mudah dan cepat

Langkah berikutnya pilih Informasi Daftar Siaran. Untuk memberikan judul broadcast, pilih gambar Pensil. Bubuhkan nama yang Anda kehendaki, tekan OK.

Kembalilah ke menu broadcast, lalu tuliskan pesan. Cara broadcast WhatsApp untuk gambar atau video, Anda dapat memilih menu Lampirkan yang tertera di pojok kanan atas.

Pilihlah gambar atau video yang Anda kehendaki di galeri ponsel. Tampilan pesan broadcast berupa teks atau gambar seperti percakapan di grup WhatsApp.

Namun, terkadang pesan broadcast tidak akan terkirim secara langsung. Bahkan dalam beberapa hari baru tersampaikan.

Cara Menghapus Daftar Broadcast

Apabila Anda ingin menghapus list broadcast, maka langkahnya sangat mudah. Buka daftar broadcast, lalu scroll hingga paling bawah. Jika Anda sudah menemukan tombol merah, maka tekan untuk menghapus daftar siaran.

Sementara untuk mengedit pesan broadcast dengan cara membuka daftar broadcast, ketuk icon pensil untuk merubah kesalahan. Misalnya saja kesalahan pada list daftar siaran.

Untuk menambah atau merubahnya dengan mengetuk icon bergambar orang dan pilih edit penerima. Jika Anda seorang pebisnis, maka yang lebih sulit adalah mengoptimalkan fitur broadcast ini. Cara broadcast WhatsApp dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan-pesan promosi.

Namanya juga manusia, pasti tidak luput dari khilaf dalam mengetik atau mengirim pesan. Namun, kesalahan kecil tersebut jangan dianggap sepele. Karena bisa jadi berakibat fatal.

Terutama dalam hal merek atau nama. Karena pasti hasilnya tidak akan sesuai dengan foto yang terkirim. Untuk menghapus daftar siaran ketuk dan tahan pesan atau gambar yang ingin dihapus, lalu klik Hapus atau gambar sampah.

Tips Optimasi Broadcast

Strategi promosi melalui broadcast memang paling ampuh. Akan tetapi, terdapat sisi negatif dari segi kenyamanan penerima dari broadcast. Tidak sedikit orang yang merasa jengkel karena menerima pesan penawaran berkali-kali.

Untuk itu, terdapat etika saat akan melakukan promosi lewat WhatsApp. Apabila mendapat spam promosi tentu akan merasa jengkel, bahkan terganggu.

Maka dari itu, isi broadcast dengan hal yang memberi manfaat. Jangan sampai mengganggu kenyamanan penerima pesan. Isikan broadcast yang tidak monoton dan lebih bermanfaat. Untuk mencapai target, dapat mengirim pesan dua pekan atau sebulan sekali.

Anda perlu mengoptimasi broadcast dalam hal promosi. Semakin banyak orang penerima, kemungkinan yang mengkonversi sebagai pembeli makin besar.

Karena broadcast hanya membatasi 256 kontak saja, maka harus pandai memilih target. Pastikan penerima menyimpan kontak Anda. Karena pesan broadcast hanya akan terkirim pada penerima yang menyimpan kontak Anda.

Baca juga : Wbspro-Tool Whatsapp Marketing Untuk Broadcast pesan otomatis

Optimasi cara broadcast WhatsApp dengan meminta pelanggan menyimpan nomor WhatsApp pada phone book. Anda hanya akan menjadi spammer bila tidak memiliki database pelanggan.

Tapi, jangan hanya sekedar menyuruh pelanggan menyimpan nomor Anda. Karena kebanyakan customer tidak suka diperintah, cara tersebut pastinya kurang berhasil. Untuk itu, perlu memberikan benefit tambahan. Misalnya saja dengan mengadakan promosi atau diskon.

Cara broadcast WhatsApp sangat mudah bukan? Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal, seperti promosi  dan branding bisnis. Namun, jangan terlalu sering melakukan broadcast, karena bisa jadi para pelanggan menjadi terganggu atau bosan.

 

 

Leave a Comment

Halo ada yang bisa kami bantu

Admin Surgaonline
Ada yang bisa kami bantu

08.00 - 22.00 WIB