Cara Menjadi Freelancer Sukses Berpenghasilan Puluhan Juta - Surgaonline

Cara Menjadi Freelancer Sukses Berpenghasilan Puluhan Juta

Internet telah membantu banyak anak muda menemukan pekerjaan yang lebih fleksibel dan bisa dikerjakan kapan saja, namanya freelance. Cara menjadi freelancer cukup mudah selama terhubung dengan koneksi internet.

Pekerjaan freelance dapat dilakukan sambil bekerja di 3-4 tempat atau sambil membangun bisnis fulltime berdasarkan keterampilan dan pengalaman Anda.

Freelancing adalah bagian dari masa depan pekerjaan jarak jauh. Apabila Anda tertarik menjadi freelance atau pekerja lepas, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Mulai dari pengertian, jenis-jenis pekerjaan yang bisa, cara menjadi seorang freelancer hingga tips menjadi seorang freelancer sukses, semua bisa Anda pelajari di bawah ini.

Apa itu Freelance?

“Freelance” adalah istilah umum yang digunakan untuk siapa saja yang bekerja sendiri, baik secara paruh waktu atau penuh waktu. Freelancing adalah profesi berbasis kontrak yang direkrut dalam suatu perusahaan atau bisnis.

 Orang tersebut menggunakan keterampilan dan pengalamannya untuk memberikan layanan kepada sejumlah klien.

Istilah “freelance” memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda pula, karena tidak ada industri, gaya, atau jalur karir yang pasti di mana para freelancer ini harus bekerja.

Definisi paling universal dari seorang freelancer adalah seseorang yang dipekerjakan untuk bekerja untuk orang atau perusahaan lain.

Semua freelancer adalah individu wiraswasta yang bekerja di berbagai industri dan menjual layanan mereka dengan tarif kontrak atau per jam.

Freelance bisa diartikan bahwasannya mereka bekerja sebagai karyawan kontrak, atau mereka memiliki bisnis sendiri dan dipekerjakan untuk melakukan berbagai tugas. Pekerja lepas bisa dikontrak secara full time, tetapi adapula sesuai projek.

Baca juga:22 cara menghasilkan uang dari hp tanpa modal

Dalam ekonomi Indonesia saat ini,  diperkirakan ada 57,3 juta freelance. Meski statusnya hanyalah seorang pekerja lepas, namun tetaplah freelancer ini menjadi bagian dari dunia kerja selama bertahun-tahun.

Freelancer tidak harus bekerja secara eksklusif untuk diri mereka sendiri. Freelancer dapat memegang pekerjaan dari perusahaan lain di luar jam tersebut. Freelancer tidak terbatas pada satu industri atau profesi apa pun.

Jenis-jenis Pekerjaan yang Bisa Freelance

Sebelum mengetahui apa saja cara menjadi freelancer, pastikan Anda tahu beberapa bidang pekerjaan yang bisa Anda masuki nantinya, apa saja itu?

  • Penulis

Freelance writer biasanya dipekerjakan sesuai latar belakang dan dapat dikontrak untuk bekerja dari waktu ke waktu, atau dapat mengirimkan artikel per harinya.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang dapat ditemukan oleh penulis lepas. Baik itu menulis artikel untuk majalah, surat kabar, atau blog dan website yang sedang berkembang, jelas bahwa perusahaan selalu mencari tulisan yang segar untuk publikasi mereka.

  • Tutor

Tutor freelance  menawarkan keterampilan instruksionalnya untuk disewa. Sementara guru kontrak bekerja dengan jadwal tertentu sepanjang tahun ajaran, guru freelance tersedia sesuai kebutuhan, dan biasanya dibayar per jam.

Guru freelance, terutama tutor  tidak memerlukan gelar dalam mengajar untuk memulai bisnisnya sendiri. Sebaliknya, Anda membutuhkan pengetahuan dan keakraban dengan topik yang Anda pilih untuk menjadi tutor siswa.

Katakanlah, misalnya Anda belajar bahasa Inggris saat kuliah, dan Anda sekarang memiliki pekerjaan sebagai penerjemah.

Nah, dari bekal itulah, Anda akan memenuhi syarat untuk menjadi tutor bagi siswa SMP dan SMA untuk mengajarnya karena Anda sendiri telah mempelajari bahasa Inggris dan memiliki pemahaman di atas rata-rata.

  • Manajemen Proyek

Pekerja lepas dan bahkan manajemen proyek virtual menjadi semakin populer karena perusahaan saat ini lebih suka menerima karyawan remote.

 Manajer proyek freelance biasanya dipekerjakan berdasarkan proyek per proyek, meskipun perusahaan mungkin meminta manajer proyek yang sangat sukses untuk bertahan untuk pekerjaan di masa depan.

  • Pemasaran

Pemasaran adalah karier yang memiliki banyak pilihan untuk jenis pekerjaan yang dapat Anda lakukan. Pemasaran konten, pemasaran acara, pemasaran email, adalah bidang-bidang yang bisa Anda masuki nantinya.

Jadi, ketika berbicara tentang menjadi marketer freelance, percayalah bahwa Anda memiliki banyak opsi. Peran seperti spesialis hubungan masyarakat, copywriter, dan asisten pemasaran digital semuanya dapat dilakukan sebagai karyawan lepas.

  • Desain Grafis

Banyak perusahaan membutuhkan logo, situs web, dan desain merchandise, tetapi tidak mampu mempekerjakan desainer grafis dalam posisi karyawan penuh waktu. Desainer grafis biasanya digunakan untuk rebranding perusahaan, atau rendering logo awal.

DOWNLOAD TEMPLATE VIDEO DESAIN GRAFIS TERBAIK DISINI

Desainer grafis freelance juga dapat dikontrak untuk membantu mengembangkan presentasi, membuat grafis untuk artikel atau iklan, dan membantu membuat gambar untuk kampanye.

Dipersenjatai dengan etos kerja yang baik dan pengetahuan yang cukup tentang alat desain paling populer, maka Anda bisa lho menjadi seorang desainer grafis freelance.

  • Manajemen Platform Media Sosial

Saat ini, perusahaan tanpa kehadiran media sosial secara aktif menempatkan diri mereka pada posisi yang kurang menguntungkan.

Bisnis selalu menginginkan strategi media sosial tetapi tidak yakin harus mulai dari mana. Nah, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang untuk menjadi manajer media sosial freelancer.

Sebagai manajer media sosial freelance, Anda mungkin dipekerjakan untuk menjalankan kampanye pemasaran media sosial tertentu, atau sekadar menjalankan bisnis kecil di Instagram.

Cara Menjadi Freelancer

  • Tentukan Goals Anda Sebagai Seorang Freelancer

Anda bisa memulai pekerjaan menjadi freelancer dengan mengetahui tujuan Anda untuk memulai bisnis freelance. Anda tidak akan masuk ke dalam mobil dan mulai mengemudi jika tidak memiliki tujuan bukan? Sama halnya dengan menjadi freelance. Anda juga tidak boleh memulai bisnis freelance tanpa tujuan.

Tanpa tujuan, sulit untuk mengetahui arah yang harus dituju. Goals memberikan tujuan untuk memulai pekerjaan  freelancing Anda.

Baca juga:Cara buat google form yang menarik

Mulailah dengan mengapa Anda ingin memulai pekerjaan lepas. Anda perlu memotivasi diri sendiri untuk menemukan freelance yang sesuai seperti :

  • Apakah untuk menciptakan penghasilan sampingan?
  • Apakah untuk mengganti penghasilan penuh waktu Anda?
  • Berapa banyak yang ingin Anda hasilkan saat menjadi freelancing?

Alasan mengapa Anda ingin menjadi seorang freelancer akan menjadi tujuan Anda untuk berhasil atau tidaknya Anda.

  • Pilih Keterampilan Mana yang Akan Digunakan Sebagai Freelance

Entah Anda siap menjadi seorang freelancer full time atau sebagai sampingan, pekerjaan Anda dibangun berdasarkan keterampilan unik yang Anda tawarkan. Keterampilan itu adalah aset terbesar Anda.

Jadi, langkah pertama untuk menjadi seorang freelancer adalah mengidentifikasi berbagai keterampilan yang telah Anda bangun selama bertahun-tahun yang mungkin tidak dimiliki orang lain.

Untuk mengetahui bakat atau minat yang Anda miliki, Anda bisa memulainya dengan menuliskannya di spreadsheet sederhana.

Di kolom pertama, mulailah membuat daftar setiap keterampilan yang dapat Anda lakukan. Mulailah bekerja lepas dengan keterampilan dari pekerjaan sebelumnya

Segalanya akan menjadi lebih mudah jika Anda memulainya dengan semua keterampilan yang Anda miliki. Jika perusahaann bersedia membayar Anda untuk melakukan pekerjaan yang Anda tawarkan, kemungkinan besar Anda cukup ahli di minat tersebut.

Beberapa contoh perangkat lunak yang umum untuk dikuasai oleh seorang freelancer adalah :

  •  Adobe Photoshop
  •  Figma
  •  Sketch
  •  Microsoft PowerPoint
  • Microsoft Excel

Tambahkan setiap keahlian tertentu ke dalam daftar, semakin banyak keahlian yang dapat Anda sebutkan, maka semakin baik. Mulailah menjadi pekerja lepas menggunakan hobi dan keterampilan otodidak Anda

  •  Tentukan Klien Sasaran

Setelah Anda mengidentifikasi keterampilan yang akan paling menguntungkan dan menyenangkan bagi Anda, sekarang saatnya memikirkan siapa yang akan membayar Anda untuk menggunakan keterampilan yang Anda miliki.

Cobalah untuk memikirkan tentang klien ideal Anda.Pikirkan tentang keterampilan yang Anda pilih untuk memulai bisnis freelance.

Siapa yang butuh bantuan seperti itu? Dan dengan siapa Anda ingin bekerja? Perusahaan mana kira-kira yang membutuhkan bantuan sesuai dengan bakat Anda?

  • Buat Keterampilan Anda Menjadi Penawaran Layanan

Cara menjadi freelancer selanjutnya adalah dengan menemukan klien. Memilih keahlian hanyalah langkah pertama dari memulai bisnis freelance, selanjutnya Anda harus menjual bakat Anda. Bagaimana cara untuk benar-benar menggunakan keterampilan itu untuk orang lain?

Apa layanan yang Anda berikan dengan keterampilan itu? Misal, Anda bakat di bidang menulis, seperti copywriting dan contentwriting, atau bakat Anda pengkodean dan membuat aplikasi seluler khusus, maka Anda bisa menjual keterampilan Anda, dengan  menganggapnya sebagai layanan.

Ya, ubah layanan Anda menjadi solusi. Beri tahu pemilik bisnis kecil bahwa iadapat mempekerjakan Anda untuk copywriting. Jelaskan mengapa mereka harus menggunakan layanan Anda dan keuntungan apa yang perusahaan dapatkan.

Semakin jelas Anda membuat alasan dan keuntungam, semakin sukses Anda dalam menjual layanan.Pikirkan tentang layanan yang ingin Anda tawarkan dan kepribadian klien yang Anda tawarkan. Masalah apa yang ingin mereka selesaikan? Hasil apa yang mereka cari?

  • Bangun Keterampilan Komunikasi Anda

Saat bekerja freelance, Anda secara tidak langsung akan dituntut untuk efektif dalam berkomunikasi secara online. And harus memahami kebutuhan klien karena yang Anda jual ini adalah layanan.

Keterampilkan komunikasi yang bagus sangat penting untuk kesuksesan layanan Anda. Anda harus mulai dengan menetapkan dasar pengalaman komunikasi online yang hebat.

Gunakan beberapa perangkat dengan koneksi internet yang bagus seperti :

  • Google untuk bisnis
  • Panggilan video (Zoom)
  • WhatsApp
  • Sistem manajemen proyek (Asana, Basecamp).
  • Optimalkan Hari Anda Untuk Menghasilkan Produktivitas Tinggi

Cara menjadi freelancer yang tepat adalah ketika Anda bisa menghasilkan produktivitas tinggi untuk segala jenis pekerjaan yang Anda handle.

 Seorang freelancer  tidak akan memiliki atasan (atau rekan satu tim) yang mengingatkan Anda tentang tenggat waktu, sehingga membutuhkan banyak kedisiplinan diri.

Jadi, bisa dibilang produktivitas adalah hal yang sangat penting bagi seorang freelancer. Anda adalah orang yang menetapkan serangkaian daftar kegiatan yang diprioritaskan untuk diselesaikan setiap hari dengan menggunakan sistem manajemen tugas atau proyek.

Anda harus mempunyai daftar tugas harian yang diprioritaskan untuk dikerjakan setiap harinya ke depan. Anda harus tetap menjaga produktivitas untuk memudahkan Anda fokus saat mengerjakan tugas.

  • Jaga Keseimbangan Kehidupan Kerja Yang Sehat

Salah satu kesalahan paling umum sebagai seorang freelancer adalah terlalu banyak bekerja. Freelancer jadi lupa makan siang dan terus bekerja setelah jam kerja. Sangat penting untuk menetapkan jumlah jam kerja yang wajar, sambil memahami batasan Anda sendiri.

Berapa banyak klien yang dapat Anda ajak bekerja pada saat yang sama, tetaplah untuk menjaga kesehatan.

 Salah satu keuntungan utama saat bekerja dari jarak jauh adalah memiliki lebih banyak fleksibilitas dan kebebasan, jadi kunci suksesnya adalah merencanakan hari Anda.

Nah, agar membantu Anda bisa menetapkan batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, penting untuk meninggalkan waktu istirahat. Kapan waktu Anda harus bangun dan berhenti menatap layar laptop serta kapan waktu untuk makan siang.

  • Belajar Mengatakan “Tidak

Keterampilan yang sering diabaikan tetapi penting ketika Anda adalah seorang freelancer adalah belajar untuk berkata “tidak”.

Idealnya, Anda perlu memahami mana klien yang dirasa potensial dan mana yang tidak cocok. Anda perlu belajar mengatakan tidak untuk kebaikan Anda sendiri karena hal itu sangat penting sebagai pekerja lepas.

Anda memiliki bandwidth yang sangat terbatas untuk mengerjakan proyek. Anda tidak boleh menyia-nyiakannya dalam proyek yang Anda sendiri tahu tidak akan memberikan hasil yang positif bagi klien atau Anda sendiri.

Ingatlah bahwa salah satu manfaat terbesar menjadi pekerja lepas adalah dapat berkolaborasi dan bekerja dengan orang dan proyek yang dapat Anda pilih dan benar-benar dinikmati. Jadi, pastikan Anda menemukan klien yang tepat untuk pekerjaan Anda.

Tips Menjadi Seorang Freelancer Sukses

Setelah mengetahui bagaimana cara menjadi freelancer, di bawah ini ada beberapa tips untuk menjadi seorang pekerja lepas yang sukses ke depannya, apa saja ya?

  • Lakukan Apa yang Paling Anda Sukai

Keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan kesuksesan sebagai freelancer tidak hanya sulit tetapi juga merugikan karir. Mengapa?

Menjadi freelancer membuat Anda akan melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan ketika bekerja menjadi karyawan, Jadi selalu lakukan sesuatu yang paling Anda nikmati.

Misalnya, jika Anda bekerja sebagai penulis konten lepas, jangan pernah menawarkan layanan pengeditan wordpress kepada klien Anda karena sepertinya ada pekerjaan tambahan di luar keahlian Anda dan juga akan membuat Anda tidak nyaman di beberapa tingkatan.

  • Ketahui Nilai Anda

Membebankan biaya kepada klien terlalu sedikit bisa menjadi salah satu kesalahan yang akan Anda lakukan sebagai freelancer pemula.

Memberi harga yang murah pada layanan Anda memang membantu Anda untuk mendapatkan klien dengan mudah, namun itu juga bisa membuat Anda rugi waktu dan tenaga.

Anda perlu melakukan riset untuk memeriksa layanan apa yang diberikan untuk pekerjaan yang sama dan dikenakan biaya berapa.

Tidak masalah jika di awal-awal Anda memberi tarif murah, namun setelah menyelesaikan beberapa pekerjaan awal Anda, naikkan tarif Asampai batas tertentu untuk mendapatkan hasil maksimal dari pekerjaan Anda.

  • Buat Portofolio Online Yang Menarik

Kehadiran online yang mengesankan dalam bentuk portofolio bisa menjadi nilai tambah bagi Anda untuk menjadi freelancer yang sukses. Portofolio membantu orang lain menemukan dan mengenal keahlian Anda di internet.

Buatlah portofolio menulis Anda sebaik mungkin, Anda dapat menambahkan semua proyek penulisan terbaru Anda dalam portofolio online Anda. Portofolio ini bisa menciptakan personal branding Anda.

  • Bangun Jaringan Anda

Segala hal berubah dari hari ke hari karena kemajuan teknologi terbaru, Anda perlu membangun jaringan mengenal perubahan tren.

Segera daftar ke platform jejaring sosial terkenal dan diskusikan secara teratur tentang hal-hal yang mengubah cara bekerja di dunia digital ini.

Anda juga dapat memulai blog sendiri yang relevan dengan industri atau niche Anda untuk memposting pembaruan terbaru tentang keahlian Anda.

Ya, ubah tren di pasar dan hal-hal informatif akan disukai klien potensial sebelum mempekerjakan Anda.

Cara menjadi freelancer yang dijelaskan di atas bisa membantu Anda melangkah lebih maju untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja full time.

Faktanya, ada banyak sekali peluang pekerjaan freelance di luar sana untuk orang-orang yang tidak terikat dengan jam kerja. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang freelance, pastikan Anda mengetahui bidang pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan secara freelance.

Selamat mencoba,semoga sukses.

Baca juga : Cara Melacak No hp Tanpa di ketahui siapapun

Leave a Comment

Halo ada yang bisa kami bantu

Admin Surgaonline
Ada yang bisa kami bantu

08.00 - 22.00 WIB