BeQAjUu6qJgflJQPJKBsyL5lMQIZ3gDIQfpcuVEEXfM

Cara Screenshot Macbook Paling Gampang di Lakukan

Mau capture layar Macbook kamu tapi gak tau caranya.berikut mimin kasih tau caranya ya….

Screenshot adalah cara yang mudah untuk menangkap gambar apa yang sedang terlihat di layar Macbook kamu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di Macbook:

  1. Gunakan tombol shortcut

Salah satu cara termudah untuk mengambil screenshot di Macbook adalah  dengan menggunakan tombol shortcut. Caranya adalah:

  • Tekan tombol “Shift + Command + 3″ untuk mengambil screenshot seluruh layar. Screenshot akan disimpan di desktop dengan nama “Screenshot [tanggal] pada [jam].png”.
  • Tekan tombol “Shift + Command + 4” untuk memilih area yang ingin dijadikan screenshot. Setelah tombol dipencet, pointer akan berubah menjadi crosshair. Kemudian, tarik dan lepaskan crosshair di sekitar area yang ingin dijadikan screenshot. Screenshot akan disimpan di desktop dengan nama yang sama dengan screenshot seluruh layar.
  1. Gunakan menu “Screenshot” di menu “Utilitas”

Jika kamu ingin mengambil screenshot dengan lebih banyak pilihan, kamu bisa menggunakan menu “Screenshot” di menu “Utilitas”. Caranya adalah:

  • Buka menu “Utilitas” di menu “Aplikasi”.
  • Pilih menu “Screenshot” di menu “Utilitas”.
  • Pilih salah satu opsi yang tersedia, yaitu:
    • Seluruh layar” untuk mengambil screenshot seluruh layar.
    • Pilih area” untuk memilih area yang ingin dijadikan screenshot.
    • Janela” untuk mengambil screenshot dari sebuah jendela.
    • Menu” untuk mengambil screenshot dari sebuah menu.

Setelah memilih opsi yang diinginkan, kamu bisa menentukan lokasi penyimpanan screenshot dan memberikannya nama yang diinginkan.

Baca juga : Penggunaan whatsapp web di hp/laptop dengan mudah

  1. Gunakan aplikasi third-party

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi third-party untuk mengambil screenshot di Macbook. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba adalah Skitch, SnapNDrag, dan Lightshot. Aplikasi-aplikasi ini biasanya menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan cara-cara di atas, seperti penambahan tanda tangan, pengubahan ukuran, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di Macbook. Semoga artikel ini bermanfaat!

Beberapa kegunaan screenshot pada laptop:

  1. Menyimpan informasi atau gambar yang ditampilkan di layar

Screenshot bisa digunakan untuk menyimpan informasi atau gambar yang ditampilkan di layar laptop. Misalnya, kamu bisa mengambil screenshot dari sebuah laman web untuk menyimpan informasi yang terdapat di dalamnya, atau mengambil screenshot dari sebuah gambar untuk menyimpan gambar tersebut.

  1. Membantu Dalam proses troubleshooting

Screenshot juga bisa digunakan untuk membantu dalam proses troubleshooting. Misalnya, jika kamu mengalami masalah pada laptop kamu, kamu bisa mengambil screenshot dari layar yang menunjukkan masalah tersebut, kemudian mengirimkannya kepada teknisi atau teman yang bisa membantumu menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Menyimpan bukti transaksi

Screenshot juga bisa digunakan untuk menyimpan bukti transaksi. Misalnya, jika kamu melakukan pembayaran melalui internet, kamu bisa mengambil screenshot dari tanda terima pembayaran sebagai bukti transaksi.

  1. Membuat Dokumentasi

Screenshot juga bisa digunakan untuk membuat dokumentasi. Misalnya, jika kamu sedang mengerjakan sebuah proyek di laptop, kamu bisa mengambil screenshot dari setiap tahap yang telah kamu kerjakan sebagai dokumentasi proyek tersebut.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop Lenovo

Mau capture layar laptop Lenovo kamu? Screenshot adalah cara yang mudah untuk menangkap gambar apa yang sedang terlihat di layar laptop Lenovo kamu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di laptop Lenovo:

  1. Gunakan tombol shortcut

Salah satu cara termudah untuk mengambil screenshot di laptop Lenovo adalah dengan menggunakan tombol shortcut. Caranya adalah:

  • Tekan tombol “Print Screen” untuk mengambil screenshot seluruh layar. Screenshot akan disimpan di clipboard, sehingga kamu perlu menempelkannya terlebih dahulu ke sebuah aplikasi seperti Microsoft Word atau Paint sebelum disimpan.
  • Tekan tombol “Alt + Print Screen” untuk mengambil screenshot dari sebuah jendela saja. Screenshot akan disimpan di clipboard seperti screenshot seluruh layar.
  1. Gunakan aplikasi “Snipping Tool”

Jika kamu ingin mengambil screenshot dengan lebih banyak pilihan, kamu bisa menggunakan aplikasi “Snipping Tool”. Aplikasi ini tersedia secara default pada sistem operasi Windows, sehingga kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Caranya adalah:

  • Buka aplikasi “Snipping Tool” melalui menu “Start” atau dengan mengetik “Snipping Tool” di kotak pencarian.
  • Pilih salah satu opsi yang tersedia, yaitu:
    • “New” untuk memilih area yang ingin dijadikan screenshot.
    • Rectangular Snip” untuk membuat screenshot dengan bentuk persegi panjang.
    • Window Snip” untuk mengambil screenshot dari sebuah jendela.
    • Full-screen Snip” untuk mengambil screenshot seluruh layar.

Setelah memilih opsi yang diinginkan, kamu bisa menentukan lokasi penyimpanan screenshot dan memberikannya nama yang diinginkan.

  1. Gunakan aplikasi third-party

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi third-party untuk mengambil screenshot di laptop Lenovo. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba adalah Skitch, SnapNDrag, dan Lightshot. Aplikasi-aplikasi ini biasanya menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan cara-cara di atas, seperti penambahan tanda tangan, pengubahan ukuran, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan,kiranya ini  bisa bermanfaat buat kita semua ya.by..by.

Leave a Comment