BeQAjUu6qJgflJQPJKBsyL5lMQIZ3gDIQfpcuVEEXfM

Inspirasi Ide Nama Usaha Makanan yang Kekinian Terbaru 2023

Seiring dengan berkembangnya zaman, bisnis kuliner semakin maju dan mewujudkan berbagai menu makanan beragam. Selain menu yang unik, banyak pengusaha makanan memberikan nama unik untuk menarik minat pembeli. Maka, jangan heran jika ada banyak ide nama usaha makanan.

Tips untuk Menentukan Ide Nama Usaha Makanan

Memilih nama makanan yang tepat merupakan langkah awal untuk menarik minat pembeli. Nama yang tepat akan menarik branding di pasaran dan memberikan kesan kepada pembeli. Usaha ini digunakan untuk memberi tahu pembeli mengenai produk yang dijual. Berikut tips memilih nama usaha makanan :

  1. Mudah Dibaca dan Diingat

Dalam membuat nama ide usaha buat nama yang mudah diingat dan singkat. Jangan menggunakan kata yang terlalu panjang dan pengejaan mudah. Semakin mudah nama usaha maka akan mudah diingat dan diucapkan oleh pembeli.

  1. Ngangenin Resto

Nama ini bisa digunakan dalam membuat usaha makanan, dengan nama yang simple dan singkat. Kata ‘ngangenin’ diambil dari kata ‘kangen’, memiliki tujuan agar rasa makanan yang disajikan diingat di lidah konsumen dan membuat mereka ingin kembali lagi.

Dalam penggunaan kata kangen sendiri merupakan emosi dari seseorang yang menginginkan melihat dan bertemu secara langsung hal atau orang. Disini penggunaan ini bisa membuat pembeli mengingat dan memiliki selera untuk merasakan keinginan kembali makan di resto produsen.

  1. Sambal Nagih Resto

Dengan menggunakan nama ini pikiran pembeli akan mengarah pada resto yang memiliki menu berupa sambal. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak bisa makan tanpa sambal. Dengan ciri khas ini pecinta pedas akan menarik minat pembeli mengenai makanan yang disajikan.

Penggunaan nama tengah ‘nagih’ yang mengarah pada ketagihan, ditujukan agar makanan yang disajikan membuat pembeli ketagihan dan mencoba lagi. Maka pembeli yakin bahwa resto ini memiliki menu pedas yang enak dan memanjakan lidah.

      2.Ayam Geprek Setan

Ayam geprek merupakan makanan yang hits dan selalu digemari semua kalangan. Cita rasa yang gurih dan renyah dari ayam serta pedas dari ulekan cabai akan terngiang di benak pembeli. Selain itu, ciri khas ayam geprek yang memiliki berbagai level kepedasan dalam penyajiannya.

Dengan memberikan penamaan setan membuat pembeli tertuju pada ayam geprek yang memiliki tingkat kepedasan yang menggugah selera dan membuat mulut terbakar. Penamaan ini membuat pembeli tertarik dan memiliki ekspektasi bahwa ayam geprek yang disajikan memiliki tingkat kepedasan tinggi.

  1. Menyisipkan Jenis Makanan

Anda bisa menyisipkan nama jenis produk makanan yang dijual agar pembeli bisa langsung tertuju mengenai makanan yang dijual. Hal ini memudahkan pembeli mengingat bahwa produk yang dibuat spesifik dan mudah diingat oleh mereka.

  1. Blenger juice

Pemberian nama ini cocok untuk menarik perhatian pembeli dengan penggunaan kata ‘blenger’ yang berarti kenyang atau membuat penuh. Dengan tujuan porsi besar yang disajikan pada pembeli membuat mereka tertarik untuk membeli.

Penggunaan kata jumbo/besar/blenger sudah umum pada hidangan makanan kekinian. Dimana pembeli berharap mereka bisa mendapat porsi makanan yang membuat mereka puas dan bisa ditunjang dengan harga yang ramah dikantong.

      2.Cookies creezz

Dari nama depan disematkan pembeli sudah tau bahwa produk yang Anda jual berupa cookies. Nama ini bisa memberikan penjelasan pada pembeli produk yang ditawarkan dan membuat pembeli paham mengenai produk yang dijual.

Serta penggunaan kata ‘creezz’ yang bisa diartikan sebagai makanan dengan tekstur renyah dan akan berbunyi kress ketika dimakan. Tujuan dari penamaan ini diharapkan bisa memberi tahu pembeli mengenai tekstur dan rasa yang disajikan.

  1. Menggunakan Bahasa Asing

Selain menggunakan kata yang mudah dan produk makanan, anda bisa menyelipkan bahasa asing dalam nama usaha anda. Salah satu bahasa asing yang sering digunakan adalah adalah bahasa Inggris. Desain keren dan unik, pemberian bahasa asing akan membuat produk terkesan berkelas dan menarik.

  1. Muchi Munchies

Ini merupakan nama yang unik yang diambil dari bahasa inggris untuk memberikan kesan lucu dan menarik mata. Muchi sendiri diambil dari nama panggilan pemilik yang dieja dengan pengucapan lucu. Produsen bisa menyisipkan nama mereka dengan memberikan pengucapan berbeda.

Lalu nama munchies sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti kudapan atau makanan ringan. Dimana produk yang ditawarkan berupa makanan ringan untuk menemani waktu santai konsumen dan memiliki porsi ringan.

     2.Chick Chick Noodle

Nama ini bisa digunakan untuk bisnis mie dengan menu menggunakan toping ayam. Nama ‘chick chick’ merupakan nama inggris dari ayam yang disingkat dan ditulis berulang. Penyebutan unik ini membuat pembeli tertarik dan penasaran dengan menu yang disajikan.

Dengan nama belakang noodle yang berarti mie dalam bahasa Indonesia. Bisa disimpulkan nama ini berarti mie ayam, tapi dikombinasikan dengan nama yang kekinian agar mudah diingat. Nama makanan yang kekinian sekarang banyak dicari pecinta kuliner.

  1. Menggunakan Bahasa Daerah

Menggunakan bahasa daerah tidak ada salahnya, selain memberi kesan unik dan menarik. Penggunaan bahasa daerah akan memberikan kesan autentik dan unik. Nama ini juga bisa menonjolkan filosofi dari makanan dari segi latar belakang, jenis makanan dan kreasi yang diberikan pada makanan.

  1. Monggo Mampir Café

Monggo sendiri dalam bahasa jawa memiliki arti sebagai silahkan, mempersilahkan tamu. Nama ini mempersilahkan pembeli untuk datang ke café dan menikmati sajian menu. Dalam budaya jawa kata monggo merupakan ajakan sopan untuk memulai pekerjaan dan mempersilahkan.

Sedangkan nama mampir sendiri memiliki arti yaitu berkunjung atau bertamu. Jadi nama di atas mengisyaratkan kepada pembeli untuk silahkan berkunjung pada café yang Anda buat. Pembeli akan mengingat kata dan merasa mendapatkan ajakan untuk berkunjung ke café.

  1. Menggunakan Nama Pemilik

Nama usaha yang Anda buat harus berbeda dengan usaha lain yang ada di bidang yang sama. Salah satu cara adalah dengan memberikan nama pemilik ke dalamnya sehingga membuat pembeli melihat keotentikannya dan bisa diingat.

Dengan pemberian nama anda di dalamnya bisa saja membawa keberuntungan pada bisnis yang Anda jalankan. Dalam penamaan pasti setiap orang tua mengharapkan keberkahan dan doa di dalamnya. Memberikan nama pada produk bisa memberikan motivasi untuk melakukan inovasi pada usaha.

  1. Salad Mama Ita

Penggunaan nama ini mudah diingat oleh pembeli karena menggunakan nama dari pemilik usaha. Dengan penggunaan nama ini pembeli akan teringat dengan produk yang ditawarkan mama ita. Orang di sekitar juga bisa mengingat bahwa mama “ita” memiliki usaha salad.

Selain itu, makna dari mama sendiri adalah seorang ibu yang merupakan wanita dan sering berkutat di dapur. Hal ini bisa meyakinkan pembeli bahwa produk yang dijual dibuat oleh tangan seorang ibu dengan rasa makanannya membuat rindu masakan rumah.

       2.Bakso Pak Dul

Bakso merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Sekarang banyak penjual bakso menyajikan bermacam jenis menu bakso. Selain memberikan nama pada warung bakso, penjual juga memberikan nama unik bakso mereka untuk menarik minat.

Dengan pemberian nama pak dul maka pembeli tau bahwa pak dul seorang penjual bakso. Selain itu jika menu dibarengi dengan kreasi bakso unik dan rasa yang enak untuk menarik minat pembeli. Di zaman sekarang selain rasa berbagai varian bakso yang disajikan mampu menarik minat.

  1. Mengandung Doa dan Makna Positif

Selain menonjolkan keunikan dan mudah diingat saja, dalam penamaan Anda bisa memberikan nama yang positif dan mengandung doa anda di dalamnya. Dengan memberikan nama yang membawa berkah diharapkan dapat memajukan bisnis yang dijalankan dalam setiap langkahnya.

  1. Ariih atau Ariij

Nama ini memiliki arti sebagai aroma yang sedap. Nama ini akan memberikan kesan nama yang unik dan diingat konsumen. Selain bisa digunakan untuk nama usaha makanan, nama ini juga bisa digunakan untuk usaha parfum atau laundry.

Nama ini juga bisa digunakan untuk usaha makanan. Salah satunya usaha roti, dimana roti memiliki wangi yang menggugah selera saat dikeluarkan dari oven. Nama ini cocok untuk menggambarkan aroma sedap toko roti yang menguar ketika pembeli masuk toko.

    2.Afdhol

Nama ini memiliki arti nama terbaik. Nama ini cocok digunakan untuk penjual makanan yang memberikan pelayanan terbaik untuk pembelinya. Selain itu, nama ini juga bisa digunakan penjual sebagai motivasi bahwa makanan yang dihidangkan harus terbaik sesuai dengan arti nama dari usaha.

Afdhol sendiri dikenal oleh masyarakat sebagai kata yang digunakan untuk merujuk pada keharusan untuk mencoba. Sering ada kalimat “belum afdol jika belum mencoba”, masyarakat mengingat kata ini sebagai kata yang digunakan untuk ajakan mencoba makanan dan mengetahui rasanya.

Baca juga : 4 Cara bisnis baju serba 35 ribu yang lagi trend

Itulah ide nama usaha makanan yang bisa anda gunakan untuk memulai usaha anda. Gunakan tips diatas sebagai acuan untuk memilih nama usaha yang tepat sasaran dan bisa menarik minat pembeli terhadap usaha tersebut.

 

Leave a Comment