Langkah Mudah Cara Berjualan di Shopee Malaysia dari Indonesia

Shopee merupakan salah satu marketplace populer di kalangan masyarakat. Ternyata Anda juga bisa menjalankan akun dari negara lain dari Indonesia. Misalnya saja dibawah ini adalah cara berjualan di Shopee Malaysia dari Indonesia yang pastinya bisa menjadi strategi pengembangan bisnis.

Mengenal Program Ekspor Shopee

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya apakah bisa jual ke luar negeri namun operasional merchant tetap dari Indonesia, jawabannya adalah bisa.

Bahkan, sekarang ini Shopee sudah menjadi perantara marketplace yang memungkinkan para penggunanya menjual produk ke luar negeri.

Tak sampai disitu saja, program satu ini juga mengurus berbagai macam keperluan. Misalnya saja pengelolaan toko tersebut yang disesuaikan dengan negara targetnya. Kemudian juga pembuatan dan pengelolaan produk baru. Semua sudah termasuk dalam pelayanan yang dilakukan pihak Shopee.

Cara Sukses di Program Jualan Ekspor Shopee dari Indonesia

Baru-baru ini Shopee meluncurkan berbagai program baru yang bisa membuat bisnis pada merchant semakin maju dan berkembang. Selain Shopee Food ada juga program ekspor, yakni berjualan ke luar negeri namun operasionalnya tetaplah di Indonesia. Berikut adalah penjelasan lebih detailnya:

  1. Ikut Program Ekspor Shopee

Join ke program ekspor Shopee pada website resminya. Dengan berpartisipasi di dalamnya Anda sudah memberikan kewenangan oleh pihak Shopee untuk membuka juga mengoperasikan toko di situs luar negeri. Namun atas namanya tetap sebagai penjual dari Indonesia.

  1. Tawarkan Barang Dagangan

Setelah itu sebagai penjual Anda bebas menawarkan barang yang sama ditampilkan pada Shopee Indonesia. Akun Shopee Malaysia juga punya berbagai layanan seperti menghapus pendaftaran, layanan pelaporan, chat, inventory sampai pengiriman uang hasil penjualan.

  1. Tentukan Harga

Kemudian saat sudah berhasil masuk ke sistem selanjutnya dari pihak Shopee akan menentukan harganya. Tentunya harga di akun luar negeri akan disesuaikan dengan sistem kebijakan juga mata uang dari negara tersebut. Jika ada perbedaan kedua akun bukan masalah besar.

  1. Perhatikan Pajak

Jangan lupa karena barang nantinya akan dikirim ke luar negeri Anda harus memperhatikan masalah bea cukai. Akan ada tambahan biaya menyesuaikan dengan jumlah produk yang dikirim ke negara tersebut.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Sudah Terdaftar

Masuk ke dalam program ekspor Shopee bukanlah hal yang mudah. Beruntung jika memang Anda terpilih untuk jadi bagian di dalamnya. Oleh karenanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai seorang penjual. Dengan keadaan pasar lebih luas tentu kebijakannya juga berbeda.

  1. Menanggung Seluruh Resiko

Setiap seller harus memberikan komitmen penuh untuk mau menanggung seluruh resiko terkait barang atau produk yang mereka jual. Memastikan keamanan pengiriman tetap aman meskipun dari Indonesia dan akan menuju ke luar negeri. Karena targetnya disini adalah masyarakat luar.

Baca juga : Cara beli barang di shopee malaysia dari indonesia

Dalam artian disini penjual harus memberikan asuransi kepada para pembeli. Hal ini akan menjadi pertimbangan serius pihak Shopee untuk memberikan verifikasi persetujuan kepada para penjual yang mendaftarkan tokonya untuk mengikuti program dari ekspor Shopee.

  1. Mau Retur Barang yang Rusak

Sebelum pengiriman ke pembeli pihak Shopee nantinya akan memeriksa barang pesanan terlebih dulu. Semuanya harus sesuai dengan standar yang sudah mereka tetapkan. Ketika ada yang tidak sesuai maka pihak Shopee juga berhak menolak produk cacat tersebut dan harus menerima gantinya.

Oleh karenanya dari pihak penjual juga harus mau retur dan menyediakan barang baru sesuai standar yang sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepuasan kepada para pembeli, dan membuat pengalaman belanja mereka jadi lebih berkesan dan menyenangkan.

  1. Sudah Sesuai dengan Ketentuan Hukum

Tidak hanya memperhatikan dari segi standar yang sudah ditetapkan oleh pihak Shopee. Sebagai merchant yang baik Anda harus menyesuaikannya juga dengan ketentuan hukum yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Menyediakan barang yang aman dan wajar.

Jadi jangan pernah berpikiran untuk mengirimkan barang-barang melanggar hukum melalui ekspor Shopee. Bisa dilihat keamanan disini sangat ketat, ketika Anda sudah melanggarnya maka harus siap di proses sesuai dengan standar hukum yang sudah ditetapkan oleh negara ini.

  1. Memperhatikan Standar Biaya Pengiriman

Terakhir adalah memperhatikan dengan seksama standar biaya pengiriman yang nantinya akan diberikan. Walaupun dijual ke negara tetangga misalnya Malaysia namun tetap saja semua patokannya adalah rupiah. Penjual akan memberikan harga barang atau produk dengan satuan rupiah.

Oleh karenanya jangan samakan pengiriman dengan dalam negeri atau ke lokasi terdekat. Anda sebagai penjual harus melakukan riset mendalam terkait harga. Memastikannya sudah sesuai dan tidak akan mengalami kerugian. Jika masih ragu maka bisa konsultasi dengan pihak ekspor Shopee.

Program Ekspor Shopee sejauh ini sudah berjalan lancar. Banyak orang sudah bergabung di dalamnya. Dengan akses daftar mudah juga penawaran keuntungan menjanjikan tentu menarik untuk dicoba. Siapa tahu ini adalah jalan pembuka bisnis ekspor untuk produk Anda.

Leave a Comment

Halo ada yang bisa kami bantu

Admin Surgaonline
Ada yang bisa kami bantu

08.00 - 22.00 WIB