Smartphone Tidak ada Sinyal ? Begini Cara Mudah Mengatasinya!

Smartphone tidak ada sinyal tentu menjadi masalah yang cukup serius di era digital. Hal ini karena perangkat tersebut sekarang bukan hanya untuk media komunikasi.

Tak sedikit yang menggunakan smartphonenya untuk bekerja, belajar, hingga berbelanja. Akibatnya ketika sinyal hilang, berbagai aktivitas tersebut pun tentunya menjadi terganggu.

Penyebab Smartphone Tidak Ada Sinyal

Sebelum membahas solusi, ada baiknya kita pahami dulu berbagai hal yang bisa menyebabkan suatu perangkat kehilangan sinyal. Berikut diantaranya:

  1. Berada di Luar Jangkauan Jaringan

Bagi kamu yang sedang mengunjungi suatu tempat, bisa jadi hilangnya sinyal pada smartphone disebabkan lokasi tersebut tidak terjangkau jaringan provaider yang digunakan.

Dengan lokasi perangkat yang tidak ada di area jangkauan sinyal, maka rangkaian receivernya tidak bisa menerima sinyal dari BTS yang memiliki batas cakupan.

  1. Cuaca Buruk

Ada beberapa provaider yang tidak  bisa bekerja masksimal dalam kondisi tertentu, terutama saat cuaca terbilang buruk yang bisa menyebabkan hilangnya jaringan.

Jika hal ini terjadi, yang bisa kamu lakukan adalah menunggu sampai cuaca menjadi normal. Setelah itu, biasanya sinyal smartphone pun akan muncul kembali.

  1. Ada Kesalahan pada Software maupun Aplikasi

Jika software mau pun aplikasi di smartphone kamu bermasalah, salah satu dampaknya juga bisa menyebabkan sinyal terputus.

Atas dasar itu, pastikan tidak ada aplikasi yang bermasalah. Jika dirasa sudah usang, sebaiknya perbaharui juga sistemnya.

  1. Hardware Bermasalah

Smartphone tidak ada sinyal juga bisa disebabkan oleh hardwarenya yang bermasalah, contohnya pada antena switchnya. Jika komponen yang berfungsi mengatur penerimaan sinyal ini bermasalah, tentu perangkat akan kehilangan jaringan.

Baca juga : Cara melacak no hp tanpa di ketahui oleh siapapun

Secanggih apa pun smartphone yang dimiliki, jika komponen ini rusak sudah dapat dipastikan ia akan tetap kehilangan sinyal.

  1. Signal Reciver Rusak

Komponen ini peranannya sangat penting dalam sistem jaringan smartphone. Hal ini karena sinyal dari BTS akan diterima dan disaring melalui Signal Reciver.

Biasanya komponen ini berada di belakang layar. Tentunya perlu keahlian khusus untuk bisa mengatasinya.

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Ada Sinyal

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kamu akan lebih mudah mengatasi masalah smartphone yang tidak ada sinyal. Ada pun beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan Mode Pesawat

Langkah pertama yang paling mudah untuk mengatasi smartphone tidak ada sinyal adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Hampir dapat dipastikan fitur ini dimiliki oleh semua merk smartphone.

Dengan mengaktifkannya, sinyal menjadi seperti direset. Ketika mode tersebut dinon aktifkan, biasanya sinyal akan langsung muncul.

  1. Restart Smartphone

Cara berikutnya yang juga mudah adalah merest smartphone. Jika hal ini dilakukan, maka semua sistem akan kembali lagi ke posisi awal.

Meski terlihat sepele, namun tak sedikit yang sinyal smartphonenya kembali muncul setelah melakukan ini.

  1. Pastikan SIM Card Terpasang dengan Benar

Jika kedua cara di atas belum juga membuahkan hasil, coba cek posisi SIM Card. Jangan sampai posisinya salah, sehingga tidak terbaca sistem smartphone.

Selain tidak ada sinyal, pemasangan kartu SIM yang keliru juga bisa memicu mempercepat kerusakan beberapa komponen smartphone.

  1. Gunakan Pencarian Jaringan Manual

Cara mengatasi smartphone tidak ada sinyal berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur pencarian sinyal. Secara devault biasanya fitur ini diatur otomatis, kamu bisa merubahnya secara manual.

Untuk melakukannya silahkan kamu masuk pada menu pengaturan smartphone. Setelah itu, silahkan pilih jaringan seluler. Ubah yang tadinya otomatis menjadi manual.

Tunggu proses pencarian sinyal untuk beberapa saat. Setelahj muncul beberapa sinyal, silahkan pilih sesuai provaider yang digunakan. Jika sinyal telah muncul, kamu bisa mengatur jaringan menjadi otomatis kembali.

  1. Hubungi CS Operator

Jika cara di atas telah kamu lakukan namun belum juga berhasil, sebaiknya segera menghubungi customer service provaider. Dengan demikian bisa mendapatkan solusi lebih lanjut terkait masalah yang dihadapi.

Dengan menghubungi CS kamu juga bisa memastikan apakah SIM Card kamu sedang mengalami masalah atau tidak.

  1. Pindahkan SIM Card ke Smartphone Lain

Cara mengatasi smartphone tidak ada sinyal terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mencopot SDIM Card, kemudian melepaskannya ke smartphone lain. Jika di smartphone lain sinyal bisa muncul, besar kemungkinannya smartphone kamu yang bermasalah.

Masalah yang muncul biasanya dari reciver sinyal yang error atau rusak. Agar lebih pasti sebaiknya kamu bawa saja perangkat tersebut ke service center terdekat. Pastikan kamu memilih tempat service terpercaya, sehingga bisa ditangani dengan baik.

Baca juga : Cara menjadi freelancer sukses dengan penghasilan puluhan juta perbulan

Jika di tempatmu ada service center resmi sesuai dengan merk smartphone yang digunakan, mendatanginya tentu jauh lebih baik.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika smartphone tidak ada sinyal. Semoga ulasan ini bisa membantu mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan tepat ya!

Leave a Comment

Halo ada yang bisa kami bantu

Admin Surgaonline
Ada yang bisa kami bantu

08.00 - 22.00 WIB